Iklan seringkali merupakan sumber pendapatan utama sebuah website. Oleh karena itu, iklan dibuat secara artistik dan menarik. Mulai dari file gambar statik, file animasi .GIF, sampai file flash yang rumit dikerahkan untuk beriklan. Itu semua sah-sah saja, tetapi seringkali programmer lupa daratan dengan membuat file gambar atau video yang ukurannya keterlaluan. Semakin besar ukuran file, semakin lama waktu download, dan semakin besar biaya yang harus kita keluarkan sebagai peselancar. Jika Anda pengguna fanatik Firefox seperti penulis, ada cara yang sangat nyaman untuk menghilangkan banner-banner iklan yang mengganggu tersebut.

Secara default, Firefox tidak dapat menolak iklan. Ia hanya memiliki popup blocker sederhana. Namun, sifatnya yang open-source membuat banyak orang mengembangkan plug-ins (extension) untuk menambah fungsi-fungsi yang berguna. Salah satunya adalah Adblock Plus.
Dengan Firefox, kunjungi alamat http://adblockplus.org/en/ atau https://addons.mozilla.org/firefox/1865/ dan instalasikan Adblock Plus yang sesuai dengan versi Firefox Anda. Setelah instalasi selesai, restart Firefox untuk mengaktifkan plug-ins yang baru terinstal.
Berselancarlah seperti biasa. Ketika menemukan gambar, frame, banner, atau iklan yang mengganggu, klik kanan elemen pengganggu itu dan pilih Adblock Image atau Adblock Frame sesuai objek yang Anda klik. Periksa URL yang ditampilkan Adblock Plus dan modifikasi seperlunya. Sebagai contoh, saat mengklik sebuah banner iklan dari portal berita Detik.com, Adblock Plus menampilkan link http://ad.detik.com/images/wp/wp-seislogo.gif. Anda perlu memutuskan apakah akan memblokir file .gif itu saja atau semua yang berasal dari http://ad.detik.com/. Modifikasi URL ini menjadi http://ad.detik.com* agar Adblock Plus memblokir semua yang berasal dari alamat tersebut—kita tahu bahwa alamat ini hanya mengirimkan iklan. Klik Apply dan tutup jendela Filter Adblock Plus. Semua objek yang berasal dari alamat di atas langsung menghilang dari layar. Lakukan hal yang sama pada banner atau frame lainnya.

Pada objek yang berupa file flash, klik kanan biasanya akan memunculkan option Flash. Objek Java bahkan seringkali mematikan klik kanan ini. Untuk mengatasinya, klik kanan icon Adblock Plus di toolbar dan pilih Preferences. Pilih Options dan aktifkan "Show tabs on Flash and java". Sekarang, untuk memilih objek flash dan Java, Anda hanya tinggal mengklik tab yang muncul di kanan atas objek. Bandingkan perbedaan Detik.com sebelum dan sesudah diaktifkannya Adblock
Plus. Dengan Adblock Plus, layar Firefox Anda hanya diisi dengan informasi yang diperlukan.

Selamat tinggal banner iklan!
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment